Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
Istilah Rekayasa Perangkat Lunak atau Software Engineering mulai dipopulerkan pada tahun 1968 saat Konferensi Rekayasa Perangkat Lunak yang diselenggarakan oleh NATO. Sebagian orang mengartikan Rekayasa Perangkat Lunak hanya sebatas pada bagaimana cara membuat suatu program komputer. Padahal terdapat sebuah perbedaan yang mendasar antara program komputer dan perangkat lunak (software)
Menurut (O’Brien, 1999) Program merupakan kumpulan perintah yang
dimengerti oleh komputer sedangkan Perangkat lunak (Software) merupakan
seluruh perintah yang digunakan untuk memproses suatu informasi.
Perangkat lunak bisa berupa prosedur atau program.
Sedangkan Pengertian dari Rekayasa Perangkat Lunak, biasanya merujuk
pada pengertian Rekayasa Perangkat Lunak menurut Wikipedia dan IEEE
Computer Society, berikut pengertiannya:
Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak menurut Wikipedia
Rekayasa perangkat lunak / Software Engineering (SE) adalah satu bidang
profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk
pembuatan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak,
pemeliharaan serta manajemen kualitas.
Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak menurut IEEE Computer Society
Rekayasa perangkat lunak adalah penerapan suatu pendekatan yang
sistematis, disiplin dan terkuantifikasi terhadap pengembangan,
penggunaan, pemeliharaan perangkat lunak, dan studi atas
pendekatan-pendekatan tersebut, yaitu penerapan pendekatan engineering
terhadap perangkat lunak.
Jadi Rekayasa perangkat lunak merupakan pengubahan perangkat lunak itu
sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan
menggunakan prinsip-prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak
yang dapat bekerja lebih efektif dan efisien untuk pengguna nya.
Menurut Rosa A.S. dan M. Shalahuddin, dalam bukunya berjudul Rekayasa
Perangkat Lunak (hlm 5 ISBN 978-602-8759-13-7), terddapat 5 Prinsip atau
kriteria yang sering digunakan sebagai acuan dalam Rekayasa perangkat
lunak:
- Dapat mengikuti keinginan pengguna (robust)
- Dapat terus dirawat dan dipelihara (maintainability)
- Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability)
- Efisien dan efektif dalam menggunakan energi dan penggunaannya
- Dapat mengikuti perkembangan teknologi (dependability)
Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak
Secara umum tujuan Rekayasa Perangkat Lunak tidak berbeda dengan bidang
rekayasa yang lain. Bidang rekayasa akan selalu berusaha menghasilkan
output yang kinerjanya tinggi waktu penyelesaian yang tepat dan Berbiaya
rendah. Secara lebih khusus kita dapat menyatakan tujuan RPL adalah
sebagai berikut:
- Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal serta tepat waktu.
- Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
- Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatan rendah.
- Menghasilkan perangkat lunak yang bisa bekerja di berbagai jenis platform.
Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat sendiri mempunyai ruang lingkup kerjanya Sebagai berikut:Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak Software Requirementsberhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.Software Designmeliputi proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunakSoftware Constructionberhubungan dengan detil pengembangan perangkat lunak, termasuk algoritma, pengkodean, pencarian kesalahan dan pengujian.Software Testingmeliputi pengujian pada kinerja perangkat lunak secara keseluruhanSoftware Maintenancemencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.Software Configuration Managementberhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.Software Engineering Managementberkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.Software Engineering Tools and Methodsmencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.Software Qualitymenitikberatkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak.Software Engineering Processberhubungan dengan implementasi, definisi, pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses Rekayasa Perangkat Lunak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar